Monday 4 February 2013

Rakel Sablon Kaos

Rakel Sablon Kaos (squeeqee)

Rakel berguna untuk menekan tinta dari kain screen (saring) ke atas kertas  atau bahan lain yang akan disablon ke kaos. Biasanya terbuat dari karet atau plastik sintetik. Pada bahan yang lunak dan tumpul biasanya mengalirkan lebih banyak tinta pada media kaos.

Sedangkan bahan yang keras dan tajam mengalirkan lebih sedikit tinta, sehingga mempercepat pengeringan.

Rakel sablon kaos adalah pasangan setia dari sreen sablon kaos, peralatan sablon kaos yang satu ini merupakan salah satu alat bantu sablon kaos yang fungsi utamanya adalah untuk menerapkan atau menggesut dan menurunkan tinta ke media sablon kaos melalui screen sablon kaos. Rakel ini pada umumnya di buat dari jenis bahan sintetik. Bahan sintetik yang umum dipakai untuk pembuatan rakel sablon kaos antara lain adalah Polyrethane atau Polyviyl. Kelebihan dari bahan Polyurethane ini adalah cukup kuat dan sangat tahan terhadap kelembaban udara sehingga rakel akan menjadi lebih awet.

Selanjutnya akan coba kita bahas bersama tentang jenis rakel yang banyak dijual dipasaran beserta dengan fungsi dan kebunaannya. Pertama yang sering kita temui adalah jenis rakel lunak. Rakel lunak ini adalah salah satu jenis dari rakel sablon kaos yang dipergunakan untuk proses sablon kaos yang memerlukan banyak tinta. Yang kedua adalah rakel keras, rakel ini sering digunakan untuk jenis sablonan yang memerlukan detail yang halus dan presisi.

Selain dari sifatnya kita juga bisa menemukan perbedaan rakel yang dijual dipasaran dari bentuk penampang yang digunakan untuk menggesut tinta pada screen. Bentuk ujung rakel ini ada beberapa macam, seperti rakel tumpul yaitu rakel sablon kaos yang penampangnya datar. Ada juga rakel setengah bulat dimana penampangnya berbentuk setengah lingkaran. Kemudian ada juga rakel lancip, sesuai dengan sebutannya rakel sablon kaos ini mempunyai penampang yang lancip. Ada juga rakel lancip ujung datar dimana bentukannya adalah seperti rakel lancip yang kita sebutkan sebelumnya teteapi pada permukaan utamanya rata atau lurus. Kemudian rakel miring dimana salah stu sisi rakel lurus dan sisi lainnya ada kemiringan. Dan yang terakhir adalah rakel kotak, rakel ini benar – benar kotak persegi panjang utuh tanpa ada sisi kemiringan dibagian samping luarnya.

Bagaimana cara membeli dan memilih rakel, cara pengecekan rakel sablon kaos yang paling sederhana adalah dengan melihat sisi tajam dari rakel sablon kaos itu sendiri. Rakel haruslah lurus dan tidak boleh bengkoing. Pilihlah tangkai kayu yang baik atau anda bisa sekalian beli tangkai yang aluminium agar lebih tahan lama dan awet.

Demikian pembahasan tentang rakel sablon kaos ini coba kami sajikan semoga membantu.



link : lombok indonesia, bali lombok


1 comment: